Ads

Breaking News

PROSEDUR MUTASI KENDARAAN KELUAR DAERAH-TANGERANG KE BANDUNG

Surat-surat Kendaraan Bermotor | Foto: autobild.co.id

Bloggers... semoga berguna ya sharing pengalaman saya ketika mutasi kendaraan roda dua dari Tangerang ke Bandung ini. Kebetulan saya orangnya punya banyak waktu jadi saya putusin untuk mencoba mengurus sendiri. Tapi jika pun Anda sibuk tetap saya sarankan urus sendiri. Karena semua kantor samsat seluruh Indonesia buka koq hari sabtu dari jam 08:00 - 11:00 wib. Jadi yang kantoran tetap bisa kan. Jangan pakai calo, karena calo pada ga bisa baca, gimana mau ngurusin surat-surat mutasi kita? Sudah jelas ada tulisan calo dilarang ditiap loket, tetap aja masuk nyalip dengan setumpuk berkas.???! 

Memang tidak akan selesai sekali datang, bisa 3-4 kali kunjungan ke samsat asal & tujuan, tergantung keberuntungan Anda juga. Daripada pakai calo? Rugi waktu rugi uang, curhat pengalaman teman menggunakan jasa calo mutasi mobil dari Jakarta ke Bandung bisa 4-6 bulan dengan biaya bikin kantong kering + bonus dosa kkn dan menyuap petugas pemerintah kan?
Begini perjalanan awalnya.

  1. Bawa BPKP, STNK, PAJAK, KTP asli beserta fotokopinya (buat jaga2 rangkap 2) ke samsat domisili terdaftar, dalam kasus saya di BSD Serpong-Tangerang.
  2. Pastikan penulisan informasi identitas seperti nama (huruf seperi "f" jadi "v") tanggal lahir cocok/sama disemua surat-surat. Kalo tidak sama akan disuruh ke Polda Metro Jaya untuk proses ralatnya.
  3. Jika no.2 lewat. Proses cek fisik, gesek nomor rangka dan no mesin di Samsat domisili Anda.
  4. Lanjutkan bawa semua berkas ke loket bagian mutasi ke luar daerah:
  • waktu saya diminta bayar Rp200.000,- tanpa nota/kwitansi pembayaran, tidak tahu juga ini resmi atau pungli.
  • disuruh nunggu prosesnya paling cepat 3minggu s/d 4 minggu, padahal dikaca ditulis cuma 3 hari?!
  • terus dikasih surat tanda terima dan bukti stnk sementara dlam proses mutasi.
  • Setelah 3 minggu sms saya ga dibalas. Minggu ke 4 saya telepon malah disuruh sms aja, baru dibalas dan selesai katanya.
  • Ambil berkas tersebut lanjut ke loket fiskal, bayar fiskal dan sebagainya waktu itu kena Rp85.000.
  • Ke bagian loket arsip, ngambil/cabut berkas kendaraan kita di samsat domisili awal kita karena mau dipindahkan. Nah disini pengalaman saya (mungkin beda tiap oràng) biasa katanya arsip terselip istilahnya alias raib atau hilang.
Maaf nih sekarang saya dipanggil petugasnya untuk disuruh ngambil tanda terima, dan disuruh balik lagi seminggu untuk ngambil Surat Keterangan Pengganti Arsip. Nanti ada waktu saya update lagi.

1 comment: