Ads

Breaking News

PENGERTIAN ARAB SEBENARNYA

DEMI MASA - Apakah anda tahu Arab itu apa? Apakah Arab itu suku, budaya, nama daerah, nama benua, nama suku kah, atau nama negara kah, atau bahkan mewakili sebuah nama agama? Yang jelas secara "awam" di Indonesia adalah sangat identik dengan Islam. 

Lalu bagaimana dengan seruan-seruan yang banyak berkembang sekarang ini?
Jangan meniru pakaian orang Arab karena kita muslim Indonesia bukan muslim Arab.
Hati-hati dengan seruan ini, karena seruan ini jadi berarti bermakna ganda "double standard" jika diserukan kepada masyarakat Indonesia yang pengetahuan wawasan Internasionalnya masih "awam". Mengapa bisa begitu?

Di pemikiran "awam" kebanyak masyarakat Indonesia yang mayoritas Islam saja pasti langsung mengkaitkan Arab adalah Arab Saudi. Karena pemikiran salah ini lah setiap kata Arab langsung diartikan erat dengan Islam. Jangankan non-muslim bahkan umat muslim di Indonesia sendiri kebanyakn berfikir seperti itu.

Penyebab dari mayoritas masyarakat Indonesia yang menyangka semua  orang Arab adalah muslim karena masyarakat Indonesia melihat pada sejarah perkembangan Islam di Indonesia. Dalam sejarah perkembangan Islam di Indonesia setiap orang keturunan Arab di Indonesia mereka memeluk dan membawa ajaran Islam. Fakta sejarah ini lah yang membentuk pola pikiran masyarakat Indonesia.

ARAB ADALAH NAMA SUKU

Arab adalah sebuah kelompok grup kesukuan yang berada di dunia Arab. Suku Arab menempati negara-negara Arab di Barat Asia, Utara Afrika, dan Barat Kepulauan Benua India. (https://en.wikipedia.org/wiki/Arabs)

arab sebenarnya
photo.elsoar.com
 
Wikipedia menuliskan, bahwa sebelum ekspansi  Arab empire, Arab mengacu kepada jumlah besar kelompok orang-orang Semitic yang hidup berpindah-pindah dari bagian utara ke bagian tengah Arabian Peninsula dan dari bagian Gurun Syria.

Akhir-akhir ini kata Arab mengacu kepada sejumblah besar penduduk asli yang membentuk Arab World (Dunia Arab). Ikatan yang mingikat Arab ini adalah suku, bahasa, budaya, sejarah, identitas, geografi, dan politik. Arab memiliki ciri tersendiri yaitu bahasa, arsitektur, seni, literatur, musik, tarian, media, kuliner, pakaian, tingkat sosial, olahraga, dan juga mitologi.

 Penduduk Arab berada di 22 negara Arab yaitu yang dikenal dengan Liga Arab: Algeria, Bahrain, Comoros, Djibouti, Mesir, Iraq, Jordan, Kuwait, Lebanon, Libya, Mauritania, Morocco, Oman, Palestina, Qatar, Saudi Arabia, Somalia, Sudan, Syria, ARab Saudi (United Arab Emirates), Tunisia, dan Yaman.

Area Arab terbentang sekitar 13 juta km², dari Samudra Atlantic di Barat Lautan Arabia, dan dari Lautan Mediterania pada bagian Utara Semenanjung Afrika dan Benua India. Melampui batas Negara-negara Liga ARab ini, Arab juga dapat ditemukan bermigrasi ke daerah-daerah sekitarnya. Hal ini membuat orang Arab menjadi kelompok suku terbesar kedua di dunia setelah China Han dengan total jumlah orang Arab di dunia diperkirakan sekitar 450 juta jiwa.

Jadi Arab bukanlah Arab Saudi atau Islam, walaupun mayoritas orang Arab memeluk agama Islam. Tapi sebagian besar penduduk Arab ini juga memeluk agama non Islam. Jangan sampai kekurangan pengetahuan kita akan bangsa lain membuat kita salah faham lagi. 

Terus bagaimana dengan seruan jangan meniru orang Arab? Diharap semua kalangan yang menghimbau tersebut harus menjelaskan dan menambahkan penjelasan Arab yang mana yang tidak boleh diikuti? Apakah Arab muslim atau Arab non-muslim?

Jika mereka sengaja memanfaatkan keambiguan pengertian kata Arab ini di Indonesia untuk kepentingan mereka sendiri tanpa dilandaskan niat baik di jalan Allah SWT, maka azab Tuhan itu nyata adanya. Naudzubillah.

No comments