Ads

Breaking News

AMERIKA TIDAK BERJAYA LAGI 2016

Amerika hancur? Masa sih, sudah tidak berjaya lagi sebagai sebuang bangsa di dunia ini? Ini yang kepikiran oleh saya ketika Donald Trump-Presiden Amerika terpilih tahun 2016 berpidato saat kampanyenya dengan lantang mengatakan "America Great Again" (Amerika Hebat/Berjaya lagi).

Pertanyaanya Apa Bukti Amerika Sudah Tidak Berjaya Lagi?

Sepertinya benar deh, Amerika sudah tidak jaya lagi. Buktinya paling tidak sebagian besa warga Amerika memilih Donald Trump karena percaya Amerika sudah tidak jaya lagi, dan Donald Trump lah yang bisa membawa mereka berjaya lagi.

Difikiran saya sebagai orang awam yang tinggal di Indonesia yang hanya mengandalkan informasi dari media televisi lokal dan internet, sekilas tidak merasakan bahwa Amerika seburuk itu. Jika Amerika seburuk itu apakabar negara saya Indonesia, yang kurs rupiahnya gak naik-naik daripada 13ribu gak pernah naik jadi satu digit (dibelakang 3 angka 0) sejak krisis moneter? Karena saya tidak percaya jadi saya riset dengan kang Google. Kan dia tinggal di Amerika tuh pasti banyak tahu tentang keadaan negara dia. Pertama yang saya tanyakan kepada kang Google adalah:

Kapan Masa Kejayaan Amerika?

Inilah jawaban dia, masa saya tanya masa kejayaan Amerika yang dijawab keruntuhan masa jaya Amerika. Ini 5 judul artikel teratas dari jawaban kang gugel ini saya ambil.
  1. Kejayaan Amerika berakhir, sebentar lagi.. Judul ini berasal dari web www.inilah.com. Saya skip ya, karena saya mau mencari info masa kejayaan Amerika. bukan runtuhnya Amerika.
  2. Berakhirnya MAsa Keemasan AS Amerika.. Waduh bahaya!? Tapi ini juga bukan bagian informasi yang saya cari, Mungkin nanti pas bagian pembuktian informasi tidak jayanya Amerika lagi, baru saya buka link ini. Tapi jika anda ingin buka silahkan klik aja topik diatas.
  3. Amerika Serikat Hegemoni Global dan Dominasi Militer. Nah ini boleh mungkin. saya akan buka dan uraikan sedikit. TApi sebelumnya saya lanjut ke 2 topik selanjutnya, karena saya berjanji akan tampilkan 5 jawaban kang Gugel kan atas pertanyaan saya. TApi kalau mau lihat juga boleh klik saja topiknya tersebut diatas.
  4. Amerika-Akhir Jaya di Masa Tua - Merdeka.com. Begitulah judulnya, Waduuh apa benar ya? Jangan-jangan benar lagi Amerika sudah tidak jaya lagi. Lah saya harus bagaiamana harus senang atau khawatir yah? Apa untungnya buat saya sebagai warga bangsa non-Amerika? Lanjut..
  5. Pudarnya Imperium AS 4/4 ... Lagi-lagi beritanya tentang kemunduran Amerika. Kalau begitu saya lanjut coba buka link yang No.3 saja ya, ini bahasanya, semoga ketemu informasi masa kejayaan Amerika ini:
 ANEH! Itulah yang terpikirkan oleh saya ketika membaca artikel link No.3 diatas. Isinya bukan tentang kejayaan Amerika. Isi artikel lebih kepada 2 hal berikut ini:
  1. Keberhasilan Amerika memerangi ketakutan mereka terhadap Komunisme-Rusia yang berhasil mereka hancurkan terpecah belah pada tahun 1991 silam, dan dari beberapa pecahan bekas negara Rusia tersebut malah menjadi negara sekutu mereka. Aneh kan!? Masa kejayaan mereka-Amerika ini diukur dengan keberhasilan mereka menghancurkan bangsa lain dengan faham mereka. Waduh bagaimana faham bangsa saya Indonesia-Pancasila ya? Apa Amerika ingin juga memecah belah Indonesia dengan "Bhineka Tunggal Ika"? Saya jadi ingat kasus Papua sekarang yang hangat-hangatnya. Semoga saudara-saudara saya di Papua baca ya kekhawatiran saya ini. Jangan mau dipecah-belah lagi. Kita tetap Indonesia. Setelah kasus Timor Leste.
  2. Di artikel pada link no.3 diatas tidak menunjukan informasi lain kejayaan Amerika dibidang ekonomi, HAM, demokrasi, dan keagaamaan tentunya yang bisa menjadi tolak ukur sebuah kejayaan suatu bangsa. Tapi ada tulisan membahas bahwa Amerika belum bisa menguasai negara lain yang berfaham komunisme lainya seperti Cina yang di prediksinya telah terbukti bahwa Cina dan India akan menjadi kekuatan terbesar di dunia dari Asia. Mungkin itu kali ya pemerintahan Jokowi sekarang berkerjasama dengan Cina banyak diisukanya di media internet. Tapi bagaimana dengan faham komunisme mereka?
Baiklah, saya belum puas ya dengna jawaban kang Gugel. Soalnya baru dapet satu aspek kejayaan Amerika tentang hobi perang mereka yang berhasil atas Rusia. Saya ingin aspek lain terutama bidang ekonomi. mungkin saya salah tanyanya sama Kang Google lulusan Indonesia yang bertitel .id dibelakangnya. coba saya tanyanya ke Mr. Google lulusan Harvard ya yang bertitel .com dibelakangnya. Jadi karena mister ini ga bisa bahasa Indonesia, saya tanyanya pakai bahasa Inggris "The Great Era of America?" kira-kira begitu ya. Mari kita lihat jawabanya berikut:

Gagal. Mister suruh tanya balik ke Akang aja walau titelnya .id bisa kok ditanya pakai bahasa Inggris. Baiklah. Tapi jawabanya tetap sama, masa suram Amerika. Berarti benar ya Amerika sesuram itu? Tapi masa jaya harus dengan cara beperang sih? Saya ganti pertanyaanya pakai When- When America... langsung kang Gugel saranin lanjutin pakai "was great?" okelah jadi pertanyaan lengkapnya "When America Was Great?" Siap-siap dengan hasil jawabanya yang mengejutkan ya!

Donald Trump sendiri menjawab:
"..Ketika Amerika menang perang..."
Cuilan kata-kata ini di kutip dari perkataaan Donald Trump sendiri dikutip di website berita ternama CNN ketika menjawab pertanyaan yang sama saya lontarkan ke kang Gugel-"When America was great?"

Artikel ini saya ambil judul ke-5 dari atikel yang disuguhkan kang Gugel atas pertanyaan saya. Judulnya Donald Trump Reveals When He Thinks America was Great-CNN.com  

Dikutip dari CNN.com ini Donald Trump menjawab bahwa "Amerika itu berjaya pada masa ekspansi militer dan industri awal abad 20 dan juga pada saat setelah perang dunia II."

Lanjut Trump menekan kan lagi soal perang, berikut saya copy-paste saja dari laman CNN deh pernyataan Presiden Amerika yang suka bangsa jaya saat perang ini.
"Trump also pointed to the "late '40s and '50s," a time when, he said, "we were not pushed around, we were respected by everybody, we had just won a war, we were pretty much doing what we had to do."
Artinya: "Kejayaan itu dia tunjuk pada tahun 40-50an, Amerika disegani bangsa lain karena Amerika baru saja menang perang, karena perang itulah adalah yang harus kita lakukan" katanya.

Jadi baiknya bangsa-bangsa di dunia ini bersiap-siap bersatu. Terhadap hobi suatu bangsa yang hobinya perang di masa depan.

Artikel selanjutnya:
Dugaan Amerika Memerangi Negara-negara Islam, China, dan India?

No comments