Ads

Breaking News

REVIEW FILM ASSASIN CREED CERITA YANG GAGAL

ASSASIN CREED FILM GAGAL FAHAM SEJARAH DAN AJARAN ISLAM

Akhirnya film Assasin Creed yang diangkat dari game ini tayang juga di bioskop Indonesia. Karena ini ranahnya Indonesia team MASA akan mereview film ini dalam raung lingkup keindonesiaan kita tercinta ini.

Assasin Creed
Micahel Fassbender Pemeran Utama Assasin Creed

ALUR CERITA FILM SEPIHAK

Alur cerita atau plot sebuah film adalah hal penting dalam sebuah film di belahan dunia manapun. Jika sebuah film tidak menggunakan efek CGI dalam visualnya alur dari sebuah cerita film akan menjadi hal utama untuk dijual kepada penonton dan jika pun sebuah film menggunakan efek CGI canggih tapi tidak menggunakan alur cerita organik maka film tersebut akan diklasifikasikan gagal. Apalagi jika sebuah film berlatar belakang sejarah untuk dasar plotnya. Seperti film Assasin Creed ini. 

Assasin Creed melatarkan cerita yang fokus kepada sekelompok orang di jaman sekarang yang berusaha mencari "apel" (piece of eden) yang disembunyikan oleh leluhur tokoh utamanya pada zaman kejayaan Islam abad 14 di Spanyol tepatnya di tahun 1492. Spanyol sejarahnya dulu adalah daerah Eropa yang berhasil dikuasai oleh kekuasaan Islam. Namun kekuasaan Islam ini tidak bertahan lama karena berhasil dikuasai oleh kekuasaan Kristen.  Pasukan kristen ini disebut Ksatria templar yang zaman itu mencoba menguasai Spanyol dari kekuasaan Islam. Di zaman ini diceritakan tokoh Islam yang berkuasa bernama Sultan Muhammad memiliki pasukan pembunuh (Assasin Brotherhood). Kelompok inilah yang menjadi ide utama dari judul film dan nama game ini. 

Tokoh utama Lynch memiliki darah keturun kelompok pembunuh (assasin) ini. Leluhur Lynch dari kelompok assasin ini bernama Aguilar, Aguilar diceritakan berhasil merebut "apel" dari pendeta yang berkerjasama dengan ksatria Templar yang di rampas dari Sultan Muhammad XII oleh seorang pendeta di bantu ksatria templar. Pendeta dan ksatria templar menculik anak Sultan Muhammad XII pangeran Granada dan menjadikan anak Sultan tersebut sebagai pertukaran dengan "apel" yang dicari oleh pendeta tersebut. Saat itulah kelompok assasin ini berhasil merebut "apel" tersebut dan menyimpanya di suatu tempat dan tidak bisa ditemukan hingga sekarang.

Apakah apel" yang dimaksud dalam film Assasin Creed ini? Apel ini dipercaya oleh kelompok ksatria templar ini memiliki kekuatan "free will" yang bisa membuat keturunan ksatria templar di zaman sekarang bisa mewujudkan segala keinginan mereka berkuasa dengan bantuan kekutan yang dimiliki apel ini. Apel yang di maksud adalah apel yang menyebabkan nabi Adam dan Hawa di hukum dan di benci oleh Allah Subhannahuwataala hingga diusir dari surga ke bumi. Dalam kepercayaan Islam apel ini adalah buah khuldi.
Dalam film Assasin Creed ini apel tersebut tidak berbentuk seperti buah apel melainkan seperti bola logam kecil.

Dalam film Assasin Creed ini apel tersebut tidak berbentuk seperti buah apel melainkan seperti bola logam kecil. "Apel" ini dipercaya oleh kelompok ksatria templar zaman dulu hingga kepada keturunan templar di tahun 2016 ini bahwa apel ini memiliki kekuatan "Free will" yaitu keinginan bebas. Keinginan bebas inilah yang membuat Adam dan Hawa memiliki keinginan bebas (nafsu) dari aturan Tuhan untuk tidak memakan buah khuldi di Sorga. Inilah "free will" dosa pertama manusia. Inilah kekuatan tersebut yang dicari oleh ksatria templar tersebut.

ASSASIN CREED - APEL SORGA ATAU KHULDI?

Perbedaan pemahaman kepercayaan inilah yang membahayakan bagi penonton yang tidak mengetahui sejarah agama Islam karena penononton Indonesia pasti banyak yang beragama Islam. Sehingga generasi muda yang buta sejarah ini akan dipelintir pemikiran mereka bahwa kepercayaan kaum Templar ini juga dipercaya oleh Islam yang diwakili oleh tokoh Sultan Muhammad XII di film ini yang menyimpan "apel" tersebut.

Buat apa umat Islam menyimpan sesuatu yang tidak dipercaya? Sementara dalam kepercayaan Islam buah khuldi itu dipercaya tidak ada di dunia tapi adanya di sorga. Penulis tidak tahu apakah cerita "apel of eden" ini juga sama dengan kepercayaan kristen? Karena adanya tokoh pendeta yang berkerjasama dengan ksatria Templar di dalam film Assasin creed ini. "apel of eden" terkesan kecil tapi pesan yang tersimpan sangat besar terhadap pemahaman kepercayaan penontonya karena cerita film ini sangat dikaitkan dengan kejadian sejarah kekuasaan Islam sebenarnya di abad 14 di Andalusia-Spanyol. Sehingga cerita ini terkesan asli dan nyata. "Apakah 'apel of eden" dalam cerita film Assasin Creed ini juga nyata keberadaanya dalam sejarah?" Sejarah menurut versi kelompok mana atau kepercayaan yang mana?

Oleh sebab itu khususnya umat muslim yang menonton film ini harus memiliki landasan iman dan pengetahuan sejarah Islam yang kuat. Kita tidak tahu dengan penonton beragama Kristen dan agama lainya. Karena penulis tidak mengerti sejarah agama Kristen dan agama lainya dan bukan jadi bidang penulis untuk membahasnya. Apakah anda percaya Sultan Muhammad XII penguasa Andalusia-Spanyol ini menyimpan "apple of eden" (apel sorga)?

KEGAGALAN FILM ASSASIN CREED DI PASARAN

Film Assasin Creed ini termasuk film gagal terbukti ratingnya hanya 6,6 dari 10 poin. Dengan biaya yang lebih besar sekitar 100 juta dolar tapi hanya mendapatkan pendapatkan sekitar 80 juta dolar saja. Penulis prediksi kegagalan film Assasin Creed ini disebabkan oleh alur cerita yang mengada-ada ini yang fokus kepada penyampaian pesan sejarah yang gak jelas yang tidak di cek silang kepada sejarah dan kepercayaan lain dalam menulis ceritanya.

Selain alur cerita film Assasin Creed ini juga tidak menampilkan keseruan dalam dalam CGI. Visualisasi klasik berputar-putar dari masa lalu abad 14 ke zaman sekarang. Selain itu juga aktor dan aktris pendukung film Assasin Creed ini tidak populer dan kurang menarik. Aktor Lynch yang diperankan Michael Fassbender merupakan aktor yang tidak dikenal umum bagi penonton Indonesia, mungkin di beberapa negara lain juga. Begitupula dengan tokoh aktris wanitanya.

Kesimpulanya, jadi sebagai penonton kita harus cerdas, sangat boleh kita menikmati hiburan kebudayaan asing tapi kita harus berhati-hati dengan pesan-pesan yang terselubung di dalamnya. Modus ini sudah banyak terjadi di film-film asing yang masuk ke Indonesia seperti salah satu contohnya film Draculla Untold. Sebenarnya jika kita jeli mengamati pesan-pesan terselubung dari film ini harusnya pihak Lembaga Sensor Film Indonesia tidak mengeluarkan ijin tayang film ini di Indonesia karena mengingat penonton utamanya dan paling besar jumlahnya di Indonesia adalah umat Islam. Karena merusak akidah generasi muda Islam.

Modusnya sangat mirip dengan modus tokoh politik yang lagi jadi perbincangan semua orang saaat ini di Indonesia yaitu menyampaikan pemikiran dan perbuatanya lebih banyak kebaikan dan meminta dimaafkan kesalahanya yang dianggap sedikit, padahal dia tahu hal sedikit ini efeknya besar terhadap kepercayaan umat muslim di Indonesia. Padahal pencitraan kebaikan yang banyak tersebut berdasarkan motif ekonomi dan kekuasaan, bukan niat kebaikan yang murni dari hati yang bersih sebagai pemimpin yang harus amanah dan fatonah. Bukan pemimpin atau cerita film yang modus-modal dusta.

Modusnya mirip dengan film Assasin Creed ini, kebenaran fakta sejarah yang banyak adalah benar keberadaan tokoh-tokohnya tapi di selipkan "apel sorga" yang ada di dunia? Berpikirlah.

No comments